Saturday, July 14, 2018

Negara Ini Beli Hampir 500 Main Battle Tank Rusia Sekali Beli, Andai TNI Bisa Begini!  

Wih, Negara Ini Beli Hampir 500 Main Battle Tank Rusia Sekali Beli, Andai TNI Bisa Begini!
 

The Tribune India (13/7) memberitakan bahwa Rusia dan India telah memfinalisasikan kontrak perjanjian pembelian dan lisensi produksi untuk tank tempur utama (Main Battle Tank) T-90, 18 bulan setelah Kementerian Pertahanan memberi restu pembelian tank tersebut.

Tak tanggung-tanggung, Angkatan Darat India diberi ijin membeli 464 unit tank sekaligus, jumlah yang sangat besar dan bahkan menempatkan India sebagai pengguna MBT terbanyak ketiga di dunia setelah Rusia dan sang naga.

ndtv.com
T-90 ini sendiri akan diproduksi secara lokal di Heavy Vehicles Factory di Avadi, Chennai, Tamil Nadu. Sebagian komponen akan didatangkan dari Rusia, tapi perakitan dan juga purna jual dikerjakan di India. Persetujuan atas kontrak tersebut sudah dikirim ke cabinet keamanan yang dipimpin oleh PM Narendra Modi.

ndtv.com
T-90 yang diproduksi akan segera digelar ke Perbatasan Barat dengan Pakistan, dimana akan dibagi ke dalam 10 resimen. Sejauh ini India sudah memiliki 1.100 tank T-90 dengan sistem bidik termal Thales Catherine buatan Perancis.

Melihat India dan pembelian alutsistanya, admin hanya bisa mengurut dada dan berkata, “Duh, kapan ya Indonesia bisa membeli alutsista secara masif dan baru begini untuk TNI, tidak lagi ngeteng dan sekedar mengisi kebutuhan minimum?

No comments:

Post a Comment