Sunday, November 22, 2015

Rusia Ujicoba Rudal Balistik Antar Benua Canggih

Foto: Ujicoba rudah balistik antar benua baru Rusia.

Foto: Ujicoba rudah balistik antar benua baru Rusia.
INTELIJEN.co.id – Rusia kembali melakukan ujicoba rudal balistik strategis barunya pada Rabu (23/5/2012) di Kosmodrom Plesetsk di daerah Arkhangelsk, kata juru bicara Kementrian Pertahanan Vadim Koval. Ujicoba rudal yang tak disebutkan namanya itu berlangsung sukses memukul target di semenanjung Kamchatka.
Rudal balistik antar benua baru ini dimaksudkan untuk memperkuat kemampuan kekuatan rudal strategis Rusia, termasuk kemampuan untuk mengatasi pertahanan anti-rudal lawan. Rudal itu diluncurkan dari sebuah peluncur bergerak pada jam 10.15 waktu setempat.
Koval menyebutkan pula bahwa rudal itu dibangun dengan menggunakan secara maksimal komponen yang ada, dengan unsur-unsur baru dan mengembangkan teknologi yang sudah ada, ketika memproduksi sistem rudal generasi kelima ini.
Ujicoba rudal ini dilakukan kurang dari seminggu setelah NATO secara resmi mengaktifkan tahap pertama sebuah perisai pertahanan rudal di Eropa Timur. Padalah penyebaran rudal pertahanan ini ditentang keras Rusia karena disinyalir, rudal-rudal itu sesungguhnya diarahkan untuk menyerang negara pecahan Uni Sovyet itu.
Disebutkan juga bahwa ujicoba rudal ini, merupakan ujicoba kedua, setelah percobaan peluncuran pertamanya mengalami kegagalan pada 27 September tahun lalu. Kegagalan pada peluncuran pertama terjadi, karena rudal mengalami kerusakan dan jatuh 10 kilometer dari titik peluncuran.
Sumber militer lainnya menyatakan, rudal Rusia ini, konon menggunakan bahan bakar dari tipe baru yang mempersingkat waktu untuk mengoperasikan propelan agar sampai dalam tahap aktif. Bahkan pejabat Rusia percaya, rudal ini lebih sulit dideteksi dan lebih mudah bermanuver.
Tak hanya itu, kantor berita Interfax meyebutkan pula bahwa rudal balistik ini juga dilengkapi dengan hulu ledak individu yang mampu bermanuver mengubah arah untuk menghindari ditembak jatuh rudal lawan.

Sumber: http://www.intelijen.co.id/rusia-ujicoba-rudal-balistik-antar-benua-canggih/

No comments:

Post a Comment